Pengaruh Relaktasi Suplementer Dikombinasikan dengan Pijat Oksitosin dan Aromaterapi Lavender terhadap Peningkatan Berat Badan Bayi di Malang Raya

Authors

  • dewi ariani Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
  • Ni Luh Putu Herli Mastuti Program Studi Magister Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
  • Nur Aini Retno Hastuti Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
  • Agnestia Naning Dian Lovita Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2017.001.02.10

Keywords:

Relaktasi suplementer, aromaterapi lavender, pijat oksitosin, berat badan bayi

Abstract

Di Indonesia ada banyak ibu yang tidak dapat menyusui bayinya karena berbagai alasan. Berbagai upaya dilakukan agar ibu dapat menyusui bayinya kembali, salah satunya dengan relaktasi suplementer dikombinasikan aromaterapi lavender dan pijat oksitosin. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh relaktasi suplementer, aromatherapy lavender dan pijat oksitosin terhadap peningkatan berat badan bayi di Malang Raya. Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Randomized Post Test Only Control Group Design dilakukan pada ibu yang menginginkan kembali menyusui bayinya dengan usia bayi ≤ 6 bulan. Sampel dibagi dalam 4 kelompok : relaktasi suplementer (kontrol), relaktasi suplementer dan aromaterapi lavender, relaktasi suplementer dan pijat oksitosin, relaktasi suplementer dan kombinasi (aromaterapi lavender + pijat oksitosin). Perlakuan diberikan sejak hari pertama intervensi sampai dinyatakan berhasil melakukan relaktasi. Variabel yang diukur adalah peningkatan berat badan bayi. Hasil analisis pada variable peningkatan berat badan bayi tidak menunjukkan ada beda yang signifikan antar semua kelompok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlakuan yang memberikan dampak terbaik adalah relaktasi suplementer metode kombinasi. Penelitian ini telah dinyatakan laik etik oleh Komisi Etik Penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Author Biography

dewi ariani, Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Midwifery

References

Chaves et al., 2013. Role of Oxytocin in Energy Metabolism. Brazil : Elsevier. Journal Peptides (45).

Gabay, M. P., 2002. Galactogogues: Medications that Induce lactation. Journal of Human Lactation 18. p. 274-279

Kosova et al., 2016. The Effect on Lactation of Back Massage Permormed in the Early Postpartum Period. Turkey : Journal of Basic And Applied Reasearch.

Mohrenn, et al. 2013. Massage Increases Oxytocin and Reduces Adenocorticotropin Hormone in Humans. California :Alternative Therapies in health and medicine. Vol 18 No 6.

Pem, deki. 2015. Factors Affecting Early Childhood Growth and Development: Golden 1000 Days. Bhutan : Journal of Advanced Practices in Nursing Vol 1 Issue 1.

Plant, T. M., and Zeleznik, A. J. 2015. Knobil and Neil’s Physiology of Reproduction: Two-Volume Set. London: Academic Press-Elsevier.

Rigo dan Ziegler. 2006. Protein and Energy Requirments in infancy and Childhood. Nestle Nutrition Workshop Series Pediatri Program vol 58. USA : Nestle Ltd.

Sherwood, L. 2015. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Penerjemah dr. Brahm U. Pendit. Jakarta: EGC

World Health Organization. 1998. Relactation : Review of Experience And Recommendations For Practice. Department of Child and Adolescent Health and Development. Geneva: World Health Organization.

Downloads

Published

2017-11-14

Issue

Section

Articles