Perbedaan Efektifitas Antara Stimulasi Bahasa dengan Metode Glenn Doman Melalui Kartu Edukasi Bergambar dan Kartu Edukasi Tulisan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di Kelompok B TK Al-Jihad Kota Malang

Authors

  • Khansa Nisrina Firdaus Brawijaya University
  • Lilik Indahwati
  • Linda Ratna Wati

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2019.003.03.4

Keywords:

anak prasekolah, perkembangan bahasa, kartu edukasi

Abstract

Periode prasekolah pada anak merupakan masa optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan, seringkali disebut golden age. Perkembangan bahasa menjadi salah satu indikator dari kemampuan berbicara dan ketrampilan berbahasa anak. Pada usia prasekolah, sering juga terjadi masalah keterlambatan bahasa. Sehingga, diperlukan stimulasi bahasa yang tepat untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak dengan menggunakan intervensi kartu edukasi bergambar dan kartu edukasi tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas antara stimulasi bahasa dengan metode Glenn Doman melalui kartu edukasi bergambar dan kartu edukasi tulisan terhadap perkembangan bahasa anak usia prasekolah di kelompok B TK Al-Jihad Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimental dengan jenis pre test-post test one group design dan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 32 anak yang diteliti pada bulan Februari-Maret 2019 menggunakan instrument penelitian DDST II (Denver Development Screening Test II) sebagai alat ukur perkembangan bahasa. Hasil uji Mann Whitney p value 0.551 > 0.05, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan efektifitas stimulasi bahasa dengan metode Glenn Doman melalui kartu edukasi bergambar dan kartu edukasi tulisan terhadap perkembangan bahasa anak usia prasekolah di kelompok B TK Al-Jihad Kota Malang. Sehingga kartu edukasi bergambar maupun kartu edukasi tulisan memeiliki keefektifan yang dapat digunakan sebagai media stimulasi bahasa anak usia prasekolah.

Author Biography

Khansa Nisrina Firdaus, Brawijaya University

Midwifery Department, Medical Faculty

References

Kementerian Kesehatan RI. (2012). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta

Depkes RI. (2010). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2009. Jakarta: Depkes RI

Santrock, John W. (2011). Masa Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta : Salemba Medika

Susilaningrum, Rekawati dkk. (2013). Asuhan Keperawatan Bayi dan anak : untuk Perawat dan Bidan Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika

Simeonsson, R. J., Scarborough, A. A., & Hebbeler, K. M. (2006). ICF and ICD codes provide a standard language of disability in young children. Journal of Clinical Epidemiology, 59(4), 365-373.

DepKes, R. I. (2006). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2004. Kesehatan, K.(Ed.).

Golinkoff, R. M., Can, D. D., Soderstrom, M., & Hirsh-Pasek, K. (2015). (Baby) talk to me: The social context of infant-directed speech and its effects on early language acquisition. Current Directions in Psychological Science, 24(5), 339-344.

R, Moeslichatoen. (1999). Metode Pengajaran di Tamam Kanak-Kanak. Jakarta. Rineka Cipta

Teresa, M. A., & Simatupang, N. D. (2015). Pengaruh Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B. Paud Teratai, 4(3).

Ayib, N. M., & Khusnal, E. (2015). Pengaruh Bermain Edukatif dengan Media Flashcard terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Wates Kulonprogo(Doctoral dissertation, STIKES'Aisyiyah Yogyakarta).

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Prenada

Sidiarto L. (2002). Gangguan perkembangan bahasa dan bicara pada keterlambatan bahasa. dalam simposium neuropediatri “ child who does not speak “. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro;3.

Hartati, S., & Fitria, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Dongeng di Kelompok Bermain Az-Zakiyyah. Ceria: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1-12.

Dhieni, N., Fridani, L., Muis, A., & Yarmi, G. (2014). Metode pengembangan bahasa.

Soetjiningsih. Perkembangan anak dan permasalahannya. Dalam: Narendra MB, Sularyo S, Soetjiningsih, Suyitno H, Ranuh IG, penyunting. (2002). Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak dan Remaja; Edisi I. Jakarta: Ikatan Dokter Anak Indonesia. Jakarta: Sagung Seto

Soetjiningsih. (2012). Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta : Sagungseto

Downloads

Published

2019-12-19

Issue

Section

Articles