Faktor Yang Berhubungan dengan Pemberian Asi Eksklusif di Desa Randuagung Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang

Rismaina Putri, Maya Devi Arifiandi, Irvinda Irvinda, Nikmatun Hasanah, Milasari Milasari
  JOIM, pp. 32-41  

Abstract


World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif pada bayi selama enam bulan. Walaupun ASI memiliki banyak manfaat, tetapi cakupan ASI eksklusif di Indonesia masih rendah. Kecamatan Tajinan merupakan Kecamatan dengan prosentase ASI eksklusif terendah di Kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor internal ibu, dukungan suami, dukungan keluarga dan dukungan petugas kesehatan  dengan pemberian asi ekslusif di Desa Randugading. Desain penelitian ini adalah korelasi deskriptif menggunakan uji fisher dan analisis regresi berganda. Pemilihan sampel menggunakan metode total sampling dan purposive sampling pada 39 ibu. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan, namun tidak signifikan antara faktor internal ibu yang meliputi pendidikan p=0,402, pengetahuan p=0.992 dan sikap ibu p=0,404 dengan pemberian ASI eksklusif di desa Randugading. Sedangkan terdapat hubungan positif signifikan antara dukungan suami p=0,000, dukungan keluarga p=0,000 dan dukungan petugas kesehatan p=0,000 dengan pemberian ASI eksklusif di desa Randugading. Faktor internal ibu, dukungan suami, dukungan keluarga dan dukungan petugas kesehatan p=0,000 secara simultan berhubungan positif signifikan dengan pemberian ASI eksklusif. Besarnya nilai koefisien determinasi sebesar 0,894 yang berarti bahwa korelasi sangat kuat (0,80–1,00). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan namun tidak signifikan antara faktor internal ibu yang meliputi pendidikan, pengetahuan dan sikap ibu dengan pemberian ASI eksklusif di Desa Randugading, sedangkan dukungan suami, dukungan keluarga dan dukungan petugas kesehatan berhubungan positif signifikan dengan pemberian ASI eksklusif di Desa Randugading. Faktor internal ibu, dukungan suami, dukungan keluarga dan dukungan petugas kesehatan secara simultan berhubungan positif signifikan dengan pemberian ASI eksklusif di Desa Randugading.


Keywords


faktor internal ibu; dukungan suami; dukungan keluarga; dukungan petugas kesehatan; pemberian ASI eksklusif

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI.2014.Infodatin (Pusat Data Dan Informasi). Jakarta Selatan : Kemenkes.

Dinkes.2015.Profil Kesehatan Kabupaten Malang Tahun 2015. Pemerintah Dinkes Kabupaten Malang

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 19 edisi kelima. Semarang : Universitas Diponegoro.

Adwinanti. 2004. Hubungan Praktek Pemberian ASI dengan Pengetahuan Ibu tentang ASI, Kekhawatiran Ibu, Dukungan Keluarga dan Status Gizi Bayi Usia 0-6 Bulan. Tugas Akhir. Tidak diterbitkan, Fakultas Pertanian Bogor.

Tan, Kok Leong.2011. Factors Associated with Exclusive Breastfeeding Among Infants Under Six Months of Age in Peninsular Malaysia. International Breastfeeding Journal.

Nascimento. 2010. Exclusive Breastfeeding In Outhern Brazil: Prevalence And Associated Factors Breastfeeding Med.

Thu, H. N., Eriksson, B., & Khanh, T. T. 2012, Breastfeeding Practices in Urban and Rural Vietnam. BMC Public Health, 12:964.

Mamahit , 2011. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Kecamatan Girian Kota Bitung.Tesis Unsrat 2011

Mardiyanti., 2007. Pengaruh karakteristik dan dukungan keluarga terhadap pemberian ASI ekslusif di Tanggerang. Tugas Akhir. jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional.

Ludvigsson, J. F. (2003). Breastfeeding in Bolivia – information and attitudes. BMC Pediatrics,3.

Setiowati, Tri. 2011. Hubungan Faktor – Faktor Ibu Dengan Pelaksanaan Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi 6-12 Bulan Didesa Cidadap Wilayah Kerja Puskesmas Pagaden Barat Kabupaten Subang Periode Januari – Juli 2011. Stikes Jenderal A. Yani Cimahi.

Ramadani, M dan hadi, Ella Nurlaela. 2010. Dukungan Suami dalam Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Air Tawar Kota Padang, Sumatra Barat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional

Isroni, Astuti. 2013. Determinan Pemberian Asi Eksklusif Pada Ibu Menyusui Jurnal Health Quality Vol. 4 No. 1, Nopember 2013, Hal 1-76


Refbacks

  • There are currently no refbacks.