Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah pada Ibu yang Menikah Dini di Wilayah Puskesmas Jabung

Era Nurisa Windari, Idkha Trisintyandika, Djoko Santoso
  JOIM, pp. 41-46  

Abstract


Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan atau skill struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks, dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai proses diferensiasi sel tubuh, jaringan tubuh, organ, dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya. Perkembangan anak terdiri dari 4 aspek yaitu motorik kasar, motorik halus, bahasa dan personal sosial. Salah satu yang memengaruhi perkembangan anak prasekolah adalah pola asuh orang tua. Usia pernikahan ibu juga berpengaruh dalam perannya memberikan pola pengasuhan yang tepat pada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak prasekolah pada ibu yang menikah dini di wilayah puskesmas Jabung. Desain penelitian yang digunakan yaitu observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dipilih menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang tua dan anak usia prasekolah. Variabel independen yaitu pola asuh orang tua pada ibu yang menikah dini yang diukur dengan menggunakan kuisoner, sedangkan variabel dependennya yaitu perkembangan bayi yang diukur dengan menggunakan Denver II. Hasil uji statistik Chi Square dengan = 0,05 diperoleh nilai p= 0,026 maka dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua pada ibu yang menikah dini dengan perkembangan anak prasekolah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan pola asuh orang dengan perkembangan anak prasekolah pada ibu yang menikah dini di wilayah puskesmas Jabung.


Keywords


pola asuh orang tua; perkembangan; anak prasekolah; menikah dini

Full Text:

PDF

References


BKKBN.2010. Pendewasaan Usia PerkawinandanHak-hak Reproduksi bagi Remaja Indonesia. Jakarta :Direktorat remaja dan perlindungan hak- hak reproduksi.

BKKBN. 2012. Pokja Analisis Dampak Sosial Ekonomi terhadap Kependudukan. Jakarta : BKKBN

Dewi, Devita kusuma. 2015.Tingkat keterpaparan Internet dengan Pekembangan Sosial Anak.Jakarta: Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Eka sari, Hana. 2013. Pengaruh Persepsi Orang Tua Tentang Anak Dan Usia Pernikhan Terhadap Pola Asuh Anak( Study pada Keluarga yang Menikah di Usia Muda di Wilayah Rw 17 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia

Hidayat, A Aziz .2013. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan.Jakarta :Salemba Medika

KPPA (kantor pemberdayaan perempuan dan anak).2012. Data Pernikahan Dinitahun 2012 Kab Malang.Malang : KPPA

Kusumawardani, DewiAriani. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tuadengan Perkembangan Bahasa dan Personal Sosial Anak Pra Sekolah (3-5 Tahun) di KB/TK Selaras Cita Malang. Tugas Akhir. Tidak Diterbitkan. Jurusan S1 Kebidanan FKUB, Malang

Riskesdas. 2010. Riset Kesehatan Dasar :Riskesdas. Jakarta :Balitbang Kemenkes RI

Riyadi, 2013 Asuhan Keperawatan pada Anak. Yogyakarta:Graha Ilmu

Soetjiningsih. 2013. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.