Pengaruh Video Modelling terhadap Kemampuan Toileting pada Anak Usia Toddler di Kelompok Belajar Permata Bunda Padasan

Authors

  • Tiara Putri Ryandini Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban
  • Dyah Pitaloka Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban
  • Novia Dwi Astuti Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2021.005.01.3

Keywords:

kemampuan toileting, video modelling.

Abstract

Pada masa toddler inilah waktu yang tepat bagi orang tua untuk mengajarkan anak dalam melakukan toileting. Anak yang belum dapat melakukan toileting dengan benar karena kemampuan anak yang masih belum adekuat seperti, belum terbiasa untuk duduk atau jongkok di toilet, belum bisa melepas celananya sendiri, serta ada anak yang belum mengetahui cara toileting, membutuhkan suatu metode atau cara yang mudah dimengerti oleh anak dalam mengajarkan toileting, salah satunya yaitu dengan video modelling. Penelitian ini menggunakan desain Analitik Experimen Design dengan jenis one-group pretest-posttest design yang dilakukan pada 34 responden. Tehnik pengambilan sample menggunakan probability sampling dengan metode Simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner kemampuan Toileting dan video Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan toileting anak sebelum diberikan videio modeling sebagian besar responden memiliki kemampuan cukup, dan setelah diberikan video modelling hampir seluruh responden memiliki kemampuan baik. Hal ini dibuktikan dengan uji wilcoxon diperoleh nilai p = 0,000 (α < 0,05) dimana 0,000 < 0,05  maka ada  pengaruh video modelling terhadap kemampuan toileting  anak usia toddler di Kb Permata Bunda Padasan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video modelling dapat digunakan sebagai alternatif untuk media pembelajaran toileting pada anak usia toddler

References

Afrilian, susanti (2017). Skripsi dengan Judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswi Melalui Model Problem Based Learning Pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Indonesia. Bandung: Universitas Pasundan, Tidak diterbitkan.

Fitricilia, M.Umboh, A. Kaunang D. 2013. Hubungan Eneuresis dengan Infeksi Kemih Pada Anak Usia 6-8 Tahun di SD Negeri Malalayang. Jurnal E-Biomdeik (eBM). 1(1).461-465. Diunduh dari : https://media.neliti.com/media/publications/66073-ID-hubungan-eneuresis-dengan-infeksi-saluran.pdf.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta : Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan RI

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kusaeri, dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kyle & Carman. (2015). Buku Ajar Keperawatan Pediatri Edisi 2. Diterjemahkan Oleh Devi Yulianti Dan Dwi Widiarti. Jakarta: EGC.

Kyle, Terii & Carman, Susan. (2014). Buku Ajar Keperawatan Pediatri (Estu Tiar, Sari Isneini, Barrarah Bariid, Penerjemah). Jakarta : EGC.

Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakaryan Offset

Nursalam, 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi Keempat Jakarta: Salemba Medika.

Paryanti, D.(2013). HubunganPeran Ibu Dalam Penatalaksanaan Toilet Training Dengan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Usia 18-36 Bulan Di Posyandu Kalirase Trimulyo Sleman D.I.Kalirase Trismulyo Sleman D.I.Yogyakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan Yogyakarta

Prastowo Andi, 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sadiman dalam Luh putu, 2015. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Soetjiningsih. 2014. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sugiyono, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suharsimi-Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-05-08

Issue

Section

Articles