Pengaruh Dukungan Tenaga Kesehatan terhadap Pemberian Asi Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Sisir Kelurahan Sisir Kota Batu

Authors

  • Era Nurisa Windari
  • Amalia Kusuma Dewi
  • Siswanto Siswanto

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2017.001.02.3

Keywords:

dukungan tenaga kesehatan, ASI eksklusif

Abstract

Dukungan tenaga kesehatan adalah kenyamanan fisik dan psikologis, perhatian, penghargaan, maupun bantuan dalam bentuk lainnya yang diterima individu dari tenaga kesehatan. Dukungan tenaga kesehatan dapat berwujud dukungan emosional, penghargaan, instrumental, dan informasi. Tenaga kesehatan merupakan sumber dukungan sosial yang berasal dari individu lain yang sangat jarang memberi dukungan dan memiliki peran yang sangat cepat berubah. Dukungan kepada ibu menjadi satu faktor penting dalam memberikan ASI eksklusif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dukungan tenaga kesehatan terhadap pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskemas Sisir Kota Batu. Desain penelitian adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional dan uji statistik menggunakan Chi Square. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai September 2016. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 ibu. Variabel independen yaitu dukungan tenaga kesehatan dan variabel dependen yaitu pemberian ASI eksklusif yang diukur menggunakan kuesioner. Pada penelitian ini didapatkan p=0,000 (< 0,05) dan ratio prevalen sebesar 10,5 hal ini berarti ibu yang mendapat dukungan tenaga kesehatan kurang mempunyai kemungkinan untuk tidak memberikan ASI eksklusif 10,5 kali lebih besar dari pada ibu yang mendapat dukungan tenaga kesehatan baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dukungan tenaga kesehatan terhadap pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Sisir Kota Batu yang bermakna. 

Author Biography

Era Nurisa Windari

  

References

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Kemenkes RI No 450/MENKES/SK/IV/2004 tentang pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif pada bayi Indonesia untuk mendukung pemberian Air SusuIbu (ASI) Eksklusif.

Puskesmas Sisir. 2015. Laporan Tahunan Gizi Puskesmas Sisir 2015. Batu.

Puskesmas Sisir. 2016. Proyeksi Balita, Bumil dan Nifas Per 11 April 2016. Batu.

World Health Organization (WHO). 2011. Pelatihan Konseling Menyusui Panduan Fasilitator. UNICEF.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif. 1 Maret 2012. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 58. Jakarta.

WHA No 55.25. 2002. (Diakses pada tanggal 5 Maret 2016 dari http://www.selasi.org/).

J. Lancet dan K. Edmond (dalam Sentra Laktasi Indonesia). 2003. (Diakses pada tanggal 5 Maret 2016 dari http://www.selasi.org/).

Rohani. 2007. Pengaruh Karakteristik Ibu Menyusui Terhadap Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Teluk Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat Tahun 2007. (Diakses pada tanggal 12 Maret 2016 dari http://library.usu.ac.id).

Sarafino, Edward. P. 2002. Health Psychology Biopsychological Interaction. 2nd ed. New John Wiley and Sons Inc.

11Ariwati V, Rosyidi M, Pranowowati P. 2014. Hubungan Dukungan Bidan Tentang Pemberian ASI Eksklusif Dengan Perilaku Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Ambarawa Kabupaten Semarang. D-IV Kebidanan : STIKES Ngudi Waluyo Ungaran

Mamonto T. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kotobangon Kecamatan Kotamobagu Timur Kota Kotamobagu. Program Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat : Universitas Sam Ratulangi.

Maria, dkk. 2016. Hubungan antara umur ibu, pekerjaan ibu, pendapatan keluarga dan dukungan petugas dengan pemberian ASI eksklusif 6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara. Manado : Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi Manado.

Anita, dkk. 2016. Hubungan pengetahuan ibu, fasilitas pelayanan kesehatan, dukungan keluarga dan dukungan petugas dengan pemberian ASI eksklusif 6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan. Manado : Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi Manado.

Downloads

Published

2017-11-14

Issue

Section

Articles