Hubungan Antara Pola Asuh Ibu Bekerja dengan Kemampuan Penyesuaian Sosial dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah (4-5 Tahun)

Authors

  • Ayu Andani Universitas Brawijaya
  • Saptadi Yuliarto Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya
  • Dian Kusumaningtyas Departemen Kebidanan, Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2023.007.01.3

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Pola asuh adalah gaya pengasuhan yang dipilih untuk mendidik anak supaya memiliki pola pikir serta perilaku yang sesuai dengan standar masyarakat. Ibu memiliki peran penting dalam mendidik dan mengasuh sesuai dengan tahap perkembangan usia anak. Saat ini, banyak ibu yang memiliki peran ganda, sebagai pengasuh dan pekerja. Hal  ini  tentu akan  mempengaruhi perkembangan karena terbatasnya interaksi antara ibu dan anak. Tujuan: untuk membuktikan apakah kemampuan penyesuaian sosial dan perkembangan kognitif anak mempunyai hubungan dengan pola asuh yang digunakan ibu bekerja pada anak berusia empat sampai lima tahun di Posyandu Desa Kaliboto. Metode: Desain studi analitik cross sectional digunakan dalam penelitian ini dengan sampel sebesar 76 responden dilakukan dengan memakai teknik total sampling. Hasil: sebanyak (82.9%) ibu bekerja menerapkan pola asuh demokratis dan penyesuaian sosial anak pada kategori tinggi yaitu 7.9% serta perkembangan kognitif anak menunjukkan hasil pada  kategori baik 73.7%. Hasil uji Chi square menunjukkan pola asuh ibu bekerja mempunyai korelasi dengan kemampuan penyesuaian sosial dan perkembangan kognitif anak (p value=0.000). Kesimpulan: pola asuh yang diterapkan ibu bekerja menentukan kemampuan penyesuaian sosial dan perkembangan kognitf anak.

Kata Kunci : Pola Asuh, Penyesuaian sosial, Perkembangan Kognitif

Downloads

Published

2023-05-19